blog-indonesia.com

Cari di blog ini

Followers

02 Mei 2007

Tips Yamaha Nouvo-Z

Tips Yamaha Nouvo-Z
Bongkar Ban Belakang

Gosip panas beredar di kalangan tukang tambal ban pinggir jalan. Konon katanya, mereka malas menerima pasien yang pakai Yamaha Nouvo atau Nouvo-Z. Apalagi kalau yang gembos ban belakang. Wah, kenafa fula, Lae?

Tentu karena proses copot ban tidak semudah di bebek. Edisi lalu, MOTOR Plus pernah bahas cara buka ban belakang di Nouvo. Jelas beda sama Nouvo-Z yang sudah pakai knalpot keren. Juga didukung sambungan pada silincer dan pipa knalpot (gbr.1). Desain begini jelas bikin simpel proses copot ban belakang.

Tidak tak perlu lagi bongkar ujung knalpot yang nempel di head. “Cukup lepas sambungan pipa dengan silencer yang diikat klem permanen. Juga tidak perlu bongkar cover bodi lagi,” jelas Indra Gumay, Supervisor Service Division, PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI).

Untuk copot ban belakang, cukup melepas empat baut yang ada di knalpot. Seperti satu baut klem di sambungan knalpot menggunakan kunci 12. Lalu dua baut di bagian bawah knalpot dan satu baut lagi di bagian atas knalpot. Cuma yang ini masing-masing pakai kunci 14. Lepas, deh!

Berikut kendurkan mur as roda pakai kunci 24. Dilanjut melepas baut sok belakang dengan kunci 14. “Cuma yang ini cukup baut sok bagian bawah. Supaya proses pembukaan roda dan lengan ayun jadi mudah,” ingat pria berkantor di kawasan Pulo Gadung, Jakarta Timur itu.

Baru kemudian sok ditarik ke belakang. Diikuti pelepasan lengan ayun serta ban yang akan diperbaiki (gbr. 2). Soal pemasangan kembali, tinggal urut kebalikan dari proses ngelepas. Gampang, kan? Chuenk

Komentar :

ada 0 comments ke “Tips Yamaha Nouvo-Z”

komentar

Advertisers

 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Angga LP * modified by eka DOT