blog-indonesia.com

Cari di blog ini

Followers

23 April 2008

Audi R8, titisan penguasa Le Mans


Roh Audi R8, juara lima kali Le Mans menitis ke sport car baru yang diluncurkan di Paris Motor Show. Diberi nama Audi R8 juga, model ini adalah sport car Audi pertama yang menempatkan mesin di tengah, dilengkapi sistem penggerak permanen 4WD Quattro dengan body aluminium Audi Space Frame.

Audi mengambil banyak pelajaran dari kiprahnya di Le Mans, balap ketahanan 24 jam paling prestisius di dunia. Di Le Mans, selain mensyaratkan peforma tinggi dan driving dynamic optimal, kunci penting lainnya adalah ketahanan beroperasi dalam jarak panjang dan kehandalan serta tentu saja disain ergonomis. Keunggulan-keunggulan itu yang diturunkan ke R8 versi jalan raya ini.


Sekilas langsung terlihat, Audi R8 menyorotkan kesan kuat dan punya potensi luarbiasa yang tersimpan dibalik tubuhnya yang atletis. Tubuhnya pendek dan lebar, khas mobil yang menempatkan mesin di belakang kabin penumpang. Posisi mesin di tengah-tengah ini membuat distribusi beban mendekati ideal yaitu 44% depan dan 56% belakang. Mesin yang ditempatkan di depan gardan belaakng ini mendapat pasokan udara dari mulut yang ditempatkan disamping mobil. Berdimensi lebar 1.90m, panjang 4.43m dan tinggi 1.25meter dan wheelbase 2.65m menyediakan ruang untuk penumpang dan mesin yang dipasang longitudinal.

Audi mengambil banyak pelajaran dari kiprahnya di Le Mans, balap ketahanan 24 jam paling prestisius di dunia


Bagian depannya dicirikan dengan grille trapezoidal khas Audi dengan lampu LED dan -yang baru- emblem 4 roda Audi dipasang di kap mesin, bukan di grille.
R8 adalah mobil produksi pertama yang menawarkan semua fungsi lampu utama -dipped beam, main beam, daytime running light dan indicator- berteknologi LED. Karena membutuhkan tempat jauh lebih sedikit dari lampu konvensional, LED memberi kebebasan tambahan bagi disainer untuk lebih kreatif. Disain lampu utama tiga dimensi dengan LED, sungguh menarik.

Lampu belakang, tentu saja, LED juga. Lampu rem ketiga dipasang di lebar atap, menjadi pembatas tutup mesin transparan. Rear spoiler akan keluar otomatis untuk menambah down force. Bila bergerak di kecepatan rendah, rear spoiler otomatis tenggelam lagi. Body full aluminium yang menggunakan konstruksi Audi Space Frame mengkombinasikan bobot ringan dan kekakuan maksimum menghasilkan power-to-weight ratio 3.71hp per kg.

Segalanya terpusat pada pengemudi

Arsitektur interiornya benar-benar driver-oriented dengan aneka kontrol mengelilingi pengemudi mulai dari dashboard hingga konsole tengah. Panel instrumen di konsole tengah agak miring mengarah ke pengemudi. Roda kemudi dengan bagian bawah gepeng jadi fitur khas di model ini, selain memudahkan keluar masuk. Segalanya terpusat pada pengemudi.

Pelapis standar kursi sport adalah kombinasi kulit/Alcantara dan optionalnya full leather. Alternatif lain, R8 menggunakan bucket seat yang disiapkan oleh Quattro GmbH. Ada cukup ruang untuk dua orang dengan tingkat kenyaman diatas rata-rata high performance sport car . Masih ada ruang dibalik kursi untuk menyimpan barang berkapasitas 100liter.

Mesin putaran tinggi delapan silinder dengan teknologi FSI yang menyemprotkan bensin langsung keruang bakar mampu memproduksi maksimal 420bhp pada putaran 7,800rpm. Torsi puncak 430 Nm dinikmati pada rentang lebar 4500 - 6000 rpm. Dan tidak kurang dari 90% torsi puncak sudah dinikmati sejak putaran mesin 3500rpm dan tidak habis hingga 7600rpm. Artinya, mesin delapan silinder ini menyediakan dorongan nyaris maksimum di semua kondisi pengendaraan.Putaran mesin maksimal 8,250 rpm.

Pengujian Audi di lintasan menghasilkan akselerasi 100km/jam dalam 4.6 detik dan top speed 301km/jam.

Audi menggunkan teknologi dry sump lubrication - yang jamak dipakai di mobil sport di lintasan balap. Ini memungkinkan mesin V8 dipasang lebih rendah, yang akhirnya menurunkan pusat gravitasi mobil dan meningkatkan driving dynamics.

Magnetorheological fluid

Dua pilihan transmisi, manual 6-speed atau optional Audi R Tronic sequential-shift gearbox. Disini pengaruh olahraga balap mobil ikut ambil bagian, lewat joystick pemindah gigi di center console dan khususnya paddle yang dipasang di roda kemudi sebagai fitur ergonomis. Teknologi 'Shift by Wire' memungkinkan perpindahan gigi dengan cepat dan dimensi gearbox kompak. Sport mode, dengan perpindahan gigi yang cepat, dijamin Audi mampu memberikan keasyikan mengemudi maksimal.

Sistem penggerak empat roda permanent, mendistribusikank power secara variatif ke gardan depan dan belakang lewat viscous clutch. Pada R8, sistem penggerak empat roda quattro di adaptasi khusus untuk distribusi beban gardan khas mobil dengan mesin tengah.

Geometri sasis Audi R8 dirancang menghasilkan pengedalian optimal, lincah, presisi dan halus. Sistem kemudi rack-and-pinion memberi feedback optimum untuk membantu pengemudi. Peredam dan per dirancang memberikan kenyamanan optimal sekaligus driving dynamic. Khususnya bila menggunakan optional 'Audi magnetic ride' adaptive damper system sebagai alternatif shock absorber gas.

Berlawanan dengan peredam cair, cairan magnetorheological bisa mengubah kekentalannya bila dipengaruhi medan magnet yang berbeda. Efeknya, karakter peredaman bisa diatur secara elektronis sesuai keinginan dan seketika. Caranya cukup mengatur besar tegangan/voltage pada elektromagnet.

Audi magnetic ride menggunakan sifat itu untuk menghadirkan daya peredaman paling tepat pada aneka situasi pengemudian, sehingga mengoptimalkan kenyamanan dan driving dynamic. Sebuah komputer yang dilengkapi teknologi sensor menetukan situasi pengemudian saat itu dalam hitungan milisekon. Pengemudi dapat memilih dua progam tergantung apakah dia ingin mengemudi dengan gaya sangat sport -dimana magnetorheological fluid diatur pada kekentalan rendah- atau sebaliknya lebih mengutamakan ride comfort.

Audi R8 menggunakan alloy 6palang 18 ich sebagai standar dengan optional 19 inch. Ban 234/40 untuk depan dan 285/35 untuk belakang.

Kelengkapan

Kelengkapan standar Audi R8 adalah lampu Xenon, lampu belakang LED dan daytime running light, Audio system dengan monitor 7 inch, anti-theft alarm. Optionalnya termasuk Bang & Olufsen sound system, dengan output 464watt dan 12 speaker yang didisain khusus untuk menghasilkan suara surround terbaik. Juga parking system, rear-view camera, radio/navigasi dan MMI Keypad (tombol tekan putar untuk memudahkan mengontrol aneka fitur).

Audi R8 diproduksi di Neckarsulm dari konstruksi bodyshell hingga perakitan akhir. Diproduksi oleh team kecil yang sangat ahli dan mengendalikan seluruh proses produksi secara presisi, teliti dan intens. Ini untuk memastikan setiap mobil yang dibuat (setiap hari maksimal 15 unit) akan memenuhi standar kualitas tinggi yang diharapkan dari sebuah mobil Audi. Mobil pertama akan dikirim ke pemesannya pada paruh pertama tahun depan. Audi belum mengumumkan harganya

sumber :www.mobilku.com

Komentar :

ada 0 comments ke “Audi R8, titisan penguasa Le Mans”

Salam Otomotif !

blog ini mengulas perkembangan dunia otomotif, mulai dari event, produk baru, modifikasi, tips-trik, klub dan para kolektor mobil dan motor khususnya di indonesia.

Mengenai Saya

Foto saya
Denpasar, Bali, Indonesia
just try to be creative

Arsip Blog

KOMPASotomotif

komentar

Advertisers

 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Angga LP * modified by eka DOT