blog-indonesia.com

Cari di blog ini

Followers

08 September 2007

SUZUKI SKYWAVE

Skywave 125Jawaban Suzuki terhadap Yamaha…???

Well… pasar skutik makin tambah puyeng… bin mumeeet… !!! Ditanya kenapa…??? Yah .. konsumen disodorkan dengan berbagai bentuk skutik… (mungkin campur deh.. skutik dan skubek.. pokoke.. sama-sama otomatisnya..)…!!! Belum habis yamaha mio soul baru dilaunching … langsung ada tantangan dari Suzuki.. yaitu Skywave..!!! Pasar sesak dengan berbagai pilihan.. sebelumnya ada Honda Vario, Yamaha Mio, Mio Soul, Suzuki Spin, plus tambah Skywave.. belum lagi model Kymco.. yang macem-macem aza model dan tipenya. :D

Strateginya pun sama… sama-sama ‘ganti casing’… mungkin produsen bilang.. bodo.. kompetitor gue ganti casing.. ngapain repot-repot …gue pake fitur-fitur baru.. kelamaan… bisa kalah duluan… (yah efek first mover….) Keliatan nggak mau kalah juga.. Yamaha belom banderol harga resmi…. suzuki pun sama juga… jadi mau ngeliat-ngeliatan.. kali aza bisa ambil keuntungan dari kesalahan langkah kompetitor dari sisi harga… :P Dua-duanya sama pake strategi bisnis…cost leadership dengan mengukur value dari motor… dan innovatif.. dalam artian.. banyak product tapi ganti casing aza… !!! Artinya secara engine sama .. untuk ngurangin fixed cost dari sisi bikin engine… (emang gampang bikin engine..kudu riset dulu… kudu gambar dulu…kudu bikin cetakannya… itu duit maaann)..

Dari sisi perbedaan dengan suzuki spin, yah beda di tangki bensin… sebelumnya 3.7 liters sekarang menjadi 4.7 liters.. (sama juga taktik tangki bensin… dari Yamaha)… Ban agak beda.. dari 14 inch di Suzuki Spin.. menjadi 16 inch di Skywave… Body tambah gambot aza… ban menjadi lebih gede.. dengan penerapan diameter 16 dibandingkan Suzuki Spin.. Berat kendaraan otomatiz tambah berat.. lebih berat 20 kg.. dari 93 kg di Suzuki Spin menjadi 113 kg…. yah sama juga dengan Yamaha Mio Soul… juga tambah beratz… efeknya gimana…??? Power-to-weight ratio nya menurun lah…. dalam artian performance dan tarikannya tambah bolot… !!! Yamaha gimana…??? Sami mawon di Yamaha Mio Soul.. juga bakalan turun… ngakalin nya gimana ??? Yah mainin udara… katanya dua-duanya pasokan udaranya lebih banyak dibandingkan model sebelumnya…!!! Model lampu menempel di body depan… dua-duanya sama… !!!

Demand terhadap motor skutik yang meningkat dari waktu ke waktu , menyebabkan produsen berlomba untuk mengambil opportunity agar menguasai market share..!!! Jadi pilihannya tergantung konsumen.. mau 113cc atau 125cc…??? Yang lain mirip-mirip lah…!!!

POSTED BY TRIATMONO

Komentar :

ada 0 comments ke “SUZUKI SKYWAVE”

komentar

Advertisers

 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Angga LP * modified by eka DOT