Pintu samping takkan menjepit.
Sudah sepantasnya memperbaiki sesuatu yang diterima banyak kalangan. Itulah yang dilakukan PT Mazda Motor Indonesia (MMI), pemegang merek Mazda di Indonesia, yang memperkenalkan Multi-Activity Vehicle terbarunya; New Mazda5.
“Mazda menyempurnakan lagi produk ini, yang berarti bahwa secara tidak langsung kami mencanangkan standar baru di segmen Multi-Activity Vehicle ukuran menengah,” kata Yoshinori Nishihara, Presiden Direktur PT. MMI, saat peluncuran di Senayan City, Kamis pekan lalu,
Meski hanya facelift, banyak perubahan yang dilakukan pada Mazda5 baru ini. Oke, dari sisi bodi, memang tak banyak yang berubah. Paling hanya panjangnya yang bertambah 10 mm menjadi 4.565 mm. Lebar tetap 1.755 mm, tinggi sama 1.615 mm, pun jarak sumbu rodanya tak berubah 2.750 mm.
Mesin juga tetap menggunakan seri MZR 2.0L, tapi mengalami sedikit perubahan. Teknologi In-line 4-cylinder DOHC 16 valve tetap dipertahankan namun diperbaharui dengan penambahan teknologi Swquential Valve Timing (S-VT). Pedal gas tidak lagi menggunakan kabel, tapi sudah Electronic Throttle Control (ETC).
Tambahan lain adalah jika persneling varian lama yang hanya empat percepatan kini menggunakan lima percepatan Activematic. Saya sempat menguji mobil ini merasakan “nafas” New Mazda5 ini lebih panjang dari pendahulunya.
Maklum, teknologi-teknologi ini membuat tenaga New Mazda5 naik sekitar 8 PS menjadi 144 PS di 6500 rpm. Torsi bertambah 5 Nm menjadi 180 Nm di putaran mesin yang lebih tinggi 4500 rpm.
Namun Mazda mengklaim peningkatan ini tidak mengurangi efisiensi penggunaan bahan bakar. Bila model terdahulunya konsumsi bahan bakat tercatat 1:8, kini lebih baik menjadi 1:10.
new mazda5 eksterior
Soal kemudi, New Mazda5 ini sedikit lebih ringan dibandingkan model Mazda lainnya seperti Tribute, Mazda3, Mazda6, CX-7, dan BT-50. Tapi penguasaannya cukup baik karena radius putarnya mencapai 5,3 meter.
Ciri khas Mazda5, dua pintu samping double electric sliding doors, tak berubah namun mengalami perbaikan. Pintu yang bisa menutup secara otomatis ini akan berhenti pula secara otomatis begitu ada benda yang mengganjal.
Hal ini dibuktikan dengan menempatkan balon sebagai pengganjal. Pintu tak mau tertuup dan balon tidak pecah. “Sehingga anak-anak aman dan takkan terjepit,” kata Astrid Ariani Wijana, Brand Communication Manager PT MMI.
new mazda5 interior
Sedangkan untuk harga naik ’sedikit’ dari Rp 299 juta menjadi Rp 301,5 juta (on the road Jakarta). Soal harga ini memang sedikit di atas rivalnya seperti Mitsubishi Grandis, Nissan Serena, dan Honda Stream.
Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), hingga bula Mei 2008 lalu, Mazda5 terjual sebanyak 44 unit atau 4,7% dari total penjualan Mazda yang mencapai 921 unit. Untuk model baru ini Mazda menargetkan angka 20 unit per bulan atau 120 setahun.
SPESIFIKASI
Mesin: MZR 2.0 In-line 4-cylinder DOHC 16-valve with S-VT (Swquential Valve Timing) and ETC (Electronic Throttle Control)
Kapasitas: 1999 cc
Tenaga: 144 PS/6500 rpm
Torsi: 180 Nm/4500 rpm
Panjang: 4.565 mm
Lebar: 1.755 mm
Tinggi: 1.615 mm
Wheelbase: 2.750 mm
Turning radius: 5.300 mm
Harga: Rp 301,5 juta (on-the-road Jakarta)
03 Juli 2008
New Mazda 5 Kian Cantik
Langganan:
Posting Komentar (RSS)
Komentar :
Posting Komentar